Cara Mencari Mata Air Sumur Bor Menggunakan Metode Sederhana

cara mencari mata air sumber bor

Mencari atau menentukan sumber air tanah untuk sumur bor sebaiknya dilakukan menggunakan teknik yang tepat agar pengeboran bisa mendapatkan hasil terbaik. Acapkali kegagalan dalam proses pengeboran seperti tidak menemukan sumber air walaupun pengeboran dilakukan hingga kedalaman 30 meter dikarenakan perencanaan awal yang tidak tepat. Menanggapi masalah tersebut tentu banyak orang yang mempertanyakan perihal cara mencari mata air sumber bor demi mengantisipasi kerugian waktu, tenaga, dan biaya.

Sumur merupakan salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk mendapat sumber air dan cara ini acap digunakan oleh masyarakat. Dengan memiliki sumber air bersih sendiri maka kegiatan apapun bisa terpenuhi, mulai dari urusan pokok (makan dan minum) hingga lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami membagikan informasi tentang cara mencari mata air sumber bor yang harus Anda pahami. Penjelasan pertama mengenai menentukan lokasi sumur bor, sebagai berikut.

· Sumur tidak berdekatan dengan toilet, WC, kamar mandi, dan saluran air kotor. Menentukan lokasi ini dimaksudkan agar tidak terjadi kontaminasi antara air kotor karena saluran pembuangan dengan jaringan sumur.

· Sebaiknya Anda menentukan jarak yang tepat sebagai pemisah antara lubang sumur bor. Tentukan dengan ukuran minimal 5 meter antara lokasi/area resapan toilet dengan sumur bor untuk tanah liat. Apabila di lokasi pembuatan sumur di tempat berpasir, minimal jaraknya adalah 7.5 meter.

· Perlu dipahami bahwa sumur bor sebaiknya Anda pasangi pipa casing, mulai dari permukaan tanah sampai kedalaman air. Fungsi dari penggunaan pipa casing ini adalah untuk mengantisipasi resapan air dari permukaan tanah yang bisa merusak kualitas sumber air bersih.

Baca juga: Layanan Sumur Bor Makassar

Setelah memahami penentuan lokasi sumur bor, maka informasi akan kami lanjutkan tentang cara menentukan titik sumber mata air dengan alat sederhana. Berikut ini sudah kami tuliskan.

· Mencari Mata Air Bersih Menggunakan Garam

Untuk menggunakan cara ini Anda hanya perlu meletakkan satu sampai dua genggaman garam dapur di lokasi tanah yang ingin dibor pada malam hari. Selanjutnya tutup menggunakan kaleng bekas selama 7 hingga 8 jam. Setidaknya Anda membuat titik uji tidak hanya satu lokasi saja agar keesokan harinya bisa menentukan mana lokasi yang terbaik untuk digunakan sebagai sumur bor.

Ketika pagi datang, perhatikan garam yang sudah diletakkan. Anda harus mengamati titik yang menyisakan garam paling sedikit atau sampai habis. Apabila garam habis maka tempat itulah yang berpotensi untuk dijadikan sumber air bersih.

· Menggunakan Daun Pisang

Silakan mengambil dua hingga empat lembar pisang dan letakkan di beberapa titik/lokasi yang ingin dijadikan sumur bor. Gali calon lokasi sumur pada jam 21.000 atau 22.00. Pagi harinya silakan lihat embun yang menempel di bawah daun pisang. Apabila makin banyak embun yang menempel, berarti di lokasi tersebut memiliki debit air bawah tanah yang banyak.

Namun, kalau daun pisang kering, maka tidak ada sumber mata air bawah tanah dan Anda harus mencari lokasi lain menggunakan cara ini. Pada dasarnya cara ini hanya berkutat tentang teknik analisis kelembapan tanah.

Itu saja informasi yang bisa kami sampaikan perihal cara mencari sumber mata air melalui cara sederhana. Terima kasih.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar